Ketahui Apa saja Untung dan Rugi Bisnis Kontrakan di Surabaya

Melakukan investasi saat ini banyak sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Apalagi sekarang marak investasi berupa saham, deposito dan masih banyak lagi. Namun jenis investasi dalam bidang properti masih menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah dengan bisnis kontrakan yang semakin banyak peminatnya.

Ada banyak untung dan rugi bisnis kontrakan di Surabaya apalagi jika memiliki kontrakan bulanan Surabaya. Tentunya setiap jenis bisnis pasti terdapat keuntungan dan kerugiannya. Meskipun begitu, bisnis kontrakan ini cukup menjanjikan dan cocok dijadikan sebagai investasi. Terlebih lagi saat ini banyak masyarakat yang juga membutuhkan adanya kontrakan.

Bisnis kontrakan yang bisa Anda jalankan seperti rumah, ruko dan lainnya. Sebelum memulai bisnis ini lebih baik perhatikan beberapa kerugian dan keuntungannya berikut ini.

Keuntungan Bisnis Kontrakan

1. Mendapatkan Uang Sewa

Saat memulai bisnis kontrakan ini, Anda nantinya akan mendapatkan keuntungan berupa uang sewa. Pada umumnya uang sewa ini bisa didapatkan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perjanjian. Bisa dibayarkan selama enam bulan sekali, setahun sekali dan lain sebagainya. Pastikan untuk mendapatkan keuntungan dengan nilai sewa per tahunnya antara 3% – 5%.

Uang sewa ini biasanya dibayarkan di muka. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan Anda dan bisnis kontrakan ini bisa dijalankan dalam jangka waktu panjang. Apalagi jika lokasi kontrakan yang strategis, justru bisa meningkatkan nilai sewa kontrakan per tahunnya. Semakin luas kontrakan yang Anda miliki, bisa semakin mahal pula harga sewanya.

2. Kenaikan Harga Sewa Bisa Semakin Tinggi

Setiap tahun pastinya harga tanah akan semakin meningkat. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kenaikan harga sewa kontrakan. Bahkan kenaikan harga kontrakan ini cukuplah tinggi, mulai dari 5% hingga 15% pertahunnya. Ini juga bergantung pada kondisi ekonomi secara keseluruhan.

Harga sewa kontrakan juga bisa semakin tinggi apabila anda merenovasi bangunan menjadi lebih bagus. Apabila bangunan kontrakan memiliki desain yang bagus dengan fasilitas yang baik. Sudah pasti harga sewanya juga akan  semakin meningkat. Bangunan kontrakan yang dimiliki bisa menjadi suatu untung dan rugi bisnis kontrakan di Jakarta.

3. Permintaan yang Masih Tinggi

Keuntungan terakhir yang bisa didapatkan saat memulai bisnis kontrakan adalah permintaannya yang masih tinggi hingga saat ini. Untuk kontrakan berupa ruko sudah pasti banyak peminatnya, karena saat ini juga banyak masyarakat yang mulai berbisnis. Agar bisnis ini bisa berjalan, maka pastinya akan membutuhkan kontrakan ruko.

Sedangkan untuk kontrakan berupa rumah, biasanya akan banyak dicari oleh pasangan suami istri. Tidak jarang banyak pasangan pengantin baru, yang masih belum memiliki rumah dan memutuskan untuk menyewa rumah kontrakan. Anda bisa bebas memilih jenis bangunan kontrakan sesuai dengan keinginan.

Kerugian Bisnis Kontrakan

1. Mendapatkan Penyewa Kurang Bertanggung Jawab

Terdapat untung dan rugi, memang menjadi hal yang biasa dialami oleh pebisnis. Untuk kerugian dari bisnis kontrakan ini adalah memungkinkan anda mendapatkan penyewa yang kurang bertanggung jawab. Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih penyewa.

Biasanya penyewa yang tidak bertanggung jawab seperti ini, nantinya setelah masa sewanya sudah berakhir mungkin saja kondisi bangunan kontrakan mengalami kerusakan. Tidak hanya kerusakan kecil saja, melainkan bisa juga kerusakan yang parah.

2. Perlu Menyiapkan Dana Renovasi

Pada saat mengalami kerusakan bangunan kontrakan, anda sebagai pemiliknya sudah pasti harus melakukan renovasi. Renovasi ini dilakukan agar bangunan kembali menjadi lebih bagus dan bisa meningkatkan harga sewanya.

Tentunya saat melakukan renovasi pasti membutuhkan dana. Semakin banyak renovasi yang dilakukan, pastinya Anda membutuhkan dana renovasi yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda harus selalu mempersiapkan dana renovasi.

3. Kontrakan Bisa Rawan Digunakan Untuk Hal Negatif

Tidak sedikit banyak bangunan kontrakan yang digunakan untuk hal yang negatif. Hal negatif seperti ini bisa seperti digunakan sebagai sarang teroris, gembong narkoba dan lain sebagainya. Tentunya hal ini akan sangat meresahkan bagi pemilik bisnis kontrakan. Agar hal ini tidak terjadi, maka Anda harus lebih selektif lagi saat memilih penyewa kontrakan.

Itu tadi beberapa keuntungan dan kerugian memiliki bisnis sewa kontrakan di Surabaya, yang memang menjadi hal yang wajar terjadi. Bahkan semua jenis bisnis pasti memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Meminimalisir kerugian bisnis kontrakan dengan lebih selektif saat Anda memilih penyewanya.

Bagi Anda yang sedang mencari kontrakan area Surabaya maupun area lainnya di pulau Jawa, maka Anda bisa memilihnya hanya dari Rumah.com. Rumah.com merupakan situs properti terkemuka di Indonesia yang bisa anda manfaatkan untuk menemukan kontrakan berupa rumah ataupun apartemen.

Sistem sewanya tentu saja bisa dilakukan secara bulanan maupun tahunan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Situs ini juga menyediakan berbagai properti untuk diperjualbelikan, untuk sekali dikunjungi bagi Anda yang ingin investasi atau bisnis properti. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *