Memilih Instrumen Investasi Online Terpercaya dan Menguntungkan

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda dapat melakukan pengelolaan uang dengan lebih mudah dan menguntungkan. Selain memanfaatkan perusahaan sekuritas atau pihak lain yang bertindak sebagai broker, kini Anda dapat melakukan bisnis investasi online terpercaya dengan sangat mudah dan aman. 

Apa itu Investasi? 

Investasi dapat dipahami sebagai langkah peletakan dana tertentu pada sebuah lembaga atau pada benda berharga dengan tujuan memperoleh keuntungan setelahnya. Keuntungan tersebut muncul karena perhitungan bahwa dana yang telah dikeluarkan akan tumbuh.

Investasi berbeda dengan spekulasi, meskipun untuk berinvestasi banyak orang yang mengunggulkan spekulasi. Investasi mengutamakan perhitungan yang akurat dengan data-data yang sebelumnya telah terbentuk.

Perhitungan yang diambil ketika melakukan investasi akan lebih cenderung pada keuntungan dan minim resiko kehilangan dana. 

Melihat cara kerjanya, investasi dapat dilakukan dengan cara fisik dan secara online. Untuk melakukan investasi secara fisik, Anda bisa membeli benda kasat mata dan menyimpannya untuk dijual di masa mendatang. Sementara untuk melakukan investasi online, Anda hanya memerlukan perangkat digital dan bisa melakukannya dari manapun dan kapanpun.

Berbagai Instrumen Investasi Online

Investasi adalah peletakan dana untuk lembaga atau benda tertentu yang nilainya terus meningkat. Sementara itu, instrumen investasi adalah wadah untuk meletakkan dana yang dimaksud. Wadah atau instrumen ini bisa berupa benda berharga seperti emas dan properti atau berupa saham dan reksadana. 

Menimbang kemudahan dan kepraktisannya, jenis investasi online lebih banyak diminati ketimbang instrumen konvensional. Di samping itu, instrumen investasi online dapat dibedakan menjadi dua kategori dilihat berdasarkan jangka waktu pengambilan keuntungannya. 

Instrumen Investasi Online Jangka Panjang 

Investasi online jangka panjang berarti membutuhkan waktu return atau pengambilan keuntungan yang lama. Seorang investor dapat menyimpan investasinya hingga puluhan tahun dan bahkan dapat nyaris tidak diuangkan kembali. Beberapa instrumen investasi online jangka panjang adalah sebagai berikut:

1. Saham

Saham menjadi instrumen investasi yang sangat populer. Saham dihitung dalam bentuk lembar, dengan per lembar lazimnya hanya berharga ratusan rupiah saja. Pembelian saham umumnya menggunakan perusahaan sekuritas dan kini transaksinya dilakukan secara online. 

Saham dikeluarkan oleh perusahaan tertentu. Apabila Anda membeli saham, maka sederhananya Anda memiliki hak atas perusahaan tersebut dengan porsi sesuai jumlah saham yang Anda miliki. Apabila perusahaan tersebut terus maju, maka nilai sahamnya akan meningkat dan dapat dijual lebih tinggi ketimbang harga beli. 

2. Reksa Dana Saham

Apabila Anda tertarik dengan produk investasi saham tetapi masih cukup ragu karena belum memiliki dasar pengetahuan yang cukup, maka reksa dana saham adalah pilihan yang tepat. Selain akan lebih aman sebagaimana sifat reksa dana, jenis instrumen ini menyediakan pihak ketiga yang bekerja sebagai asisten investor.

Hampir sama dengan pengelolaan dana melalui saham, reksa dana saham juga akan mengalokasikan modal untuk membeli saham. Bedanya, Anda tidak perlu melakukan transaksi sendiri pada reksa dana saham. Hal itu karena akan ada manajer investasi yang menggantikan Anda.

3. Emas

Emas menjadi salah satu benda yang dapat dijadikan sebagai wadah investasi jangka panjang. Investasi emas dinilai aman karena hingga kini nilainya terus naik setiap waktunya. Apalagi, Investasi emas jenis semakin mudah dilakukan karena telah tersedia banyak layanan investasi emas secara online.

Cukup menggunakan aplikasi yang disediakan bank atau platform tertentu, Anda dapat membeli emas secara digital. Emas yang Anda beli akan disimpan oleh pihak penyelenggara (dapat dibentuk fisikkan jika Anda menghendaki) dan dijual kapanpun dari manapun.

Instrumen Investasi Online Jangka Pendek 

Tidak sampai puluhan tahun, return atau pengambilan keuntungan pada instrumen investasi online jangka pendek bisa diraih dalam hitungan bulan atau setidaknya kurang dari satu tahun. Oleh karena itu, instrumen investasi ini kerap dinamakan sebagai investasi sementara. Beberapa bentuk instrumen investasi online jangka pendek adalah sebagai berikut.

1. Reksa Dana Pasar Uang 

Seperti namanya, reksa dana pasar uang adalah pengelolaan dana yang dilimpahkan pada berbagai instrumen pasar uang, seperti deposito dan obligasi. Reksa dana pasar uang dipilih karena memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan pengelolaan pasar uang secara pribadi. Hal itu, sederhananya, karena manajer investasi mengelola dana yang besar sehingga bunganya pun lebih tinggi ketimbang jika Anda melakukan deposito pribadi. 

Reksa dana pasar uang lebih disukai oleh kebanyakan anak muda atau untuk pemula. Meskipun relatif tidak lebih aman dan kurang menguntungkan ketimbang reksa dana saham, tetapi jenis reksa dana yang satu ini lebih mudah untuk dicairkan.

2. Surat Berharga Nasional

Surat Berharga Nasional (SBN) adalah surat yang dikeluarkan pemerintah untuk dibeli oleh masyarakat secara umum. Hal ini dilakukan umumnya karena pemerintah membutuhkan anggaran tertentu untuk keperluan negara. Surat Berharga Nasional akan menguntungkan karena akan ada bunga yang diberikan oleh pemerintah.

3. P2P Lending 

Salah satu instrumen investasi online yang terbilang baru tetapi banyak peminatnya adalah Peer to Peer Lending (P2P Lending). Landasan hukum yang terus diperbarui dan kelegalan yang semakin mutlak membuat instrumen ini menarik banyak investor. Apabila Anda tertarik, pastikan untuk memilih platform yang diawasi oleh OJK.

P2P Lending bertindak dengan cara membantu pelaku usaha atau pihak tertentu yang membutuhkan modal awal. Selanjutnya, platform P2P Lending akan memberikan dana kepada pihak yang membutuhkan dana atau borrower tersebut. Dari mana dana tersebut diperoleh oleh P2P Lending? yaitu dari pendana atau investor.

Sederhananya, P2P Lending mempertemukan investor dengan peminjam yang membutuhkan dana. Dengan skema legal dan perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak, peminjam akan memperoleh suntikan dana dengan mudah sementara investor atau pendana akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah tertentu.

Melakukan Pendanaan Melalui Amartha

Pengelolaan uang dengan cara menjadi pendana melalui platform P2P Lending kini sedang banyak diminati. Salah satu alasannya adalah karena return yang aman dan relatif tinggi. Selain itu, sebagai salah satu instrumen pengelolaan uang jangka pendek, P2P Lending akan memberikan hasil yang relatif lebih cepat. 

Platform P2P Lending yang menyediakan transaksi aman dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia adalah Amartha. Sebagai pendana, Anda akan dipertemukan dengan banyak pelaku usaha yang membutuhkan modal. 

Pendanaan di Amartha bukan bersifat crowdfunding. Dalam sistem crowdfunding biasanya beberapa orang bisa bersama-sama mendanai satu pinjaman. Namun, berbeda dengan sistem pendanaan di Amartha. Justru, sistem pendanaannya yaitu satu investor mendanai satu pinjaman.

Dengan begitu, investor bisa fokus dalam mempelajari profil peminjam. Oleh karena itu, nominal investasinya pun cukup tinggi, yaitu di atas Rp 1 juta. Untuk mengetahui lebih banyak tentang pendanaan di Amartha dan keuntungannya, kunjungi websitenya di amartha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *