Fri. Oct 18th, 2024

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kue Donat

Hello Sobat liputanilmu, kali ini saya akan berbagi tips membuat kue donat empuk dan enak yang bisa kamu coba di rumah. Pertama, mari kita bahas bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat kue donat, kamu memerlukan tepung terigu, ragi instan, gula, telur, susu cair, mentega, dan garam. Pastikan semua bahan telah tersedia sebelum kamu memulai proses pembuatan kue donat.

Cara Membuat Adonan Donat

Setelah kamu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan donat. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, dan gula dalam wadah yang besar. Setelah itu, tambahkan susu cair dan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan mentega dan garam ke dalam adonan donat. Uleni adonan hingga halus dan elastis. Pastikan adonan donat telah tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung di dalamnya.

Setelah adonan donat tercampur rata, tutup wadah dengan plastik wrap dan diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. Jangan lupa untuk menempatkan adonan donat di tempat yang hangat dan tidak terkena angin.

Cara Membentuk dan Membuat Kue Donat

Setelah adonan donat mengembang, ambil adonan dan letakkan di atas permukaan yang telah diolesi dengan tepung. Giling adonan hingga setebal 1 cm. Kemudian, gunakan cetakan donat atau gelas berbentuk lingkaran untuk memotong adonan menjadi bentuk donat.

Panaskan minyak dalam wajan. Pastikan minyak telah cukup panas sebelum kamu mulai menggoreng donat. Goreng donat hingga kecokelatan di kedua sisinya. Setelah selesai digoreng, letakkan donat di atas kertas tisu untuk menyerap minyak berlebih.

Cara Memberikan Rasa pada Kue Donat

Setelah donat telah selesai digoreng dan dikeringkan, kamu bisa memberikan rasa pada donat sesuai dengan selera. Kamu bisa menambahkan topping seperti keju parut, coklat leleh, ataupun kacang-kacangan yang telah dihancurkan. Kamu juga bisa memberikan rasa pada adonan donat sebelum digoreng dengan menambahkan bubuk matcha, bubuk coklat, atau esensi vanilla.

Kesimpulan

Itulah tips membuat kue donat empuk dan enak yang bisa kamu coba di rumah, Sobat liputanilmu. Pastikan kamu menyiapkan semua bahan dengan benar dan mengikuti langkah-langkah dengan baik untuk mendapatkan hasil kue donat yang sempurna. Selamat mencoba!

By Fujiati