Sun. Jul 14th, 2024

Sejarah Bukit Tinggi

Hello Sobat Liputanilmu! Siapa yang tidak kenal dengan Sumatera Barat? Provinsi yang terkenal dengan rendangnya ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik loh! Salah satunya adalah Bukit Tinggi. Bukit Tinggi merupakan sebuah kota kecil yang terletak di daerah dataran tinggi di Sumatera Barat. Kota ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk dikulik.

Bukit Tinggi didirikan pada tahun 90-an oleh Raja Aditiawarman, raja dari Kerajaan Pagaruyung. Pada awalnya, Bukit Tinggi dinamakan sebagai Fort de Kock oleh Belanda yang menjajah wilayah ini pada abad ke-19. Nama Fort de Kock sendiri diambil dari nama seorang jenderal Belanda yang terkenal pada masa itu, yaitu Baron Hendrikus Cornelis Dirk de Kock. Setelah Indonesia merdeka, nama Fort de Kock pun diganti menjadi Bukittinggi.

Wisata di Bukit Tinggi

Setelah mengetahui sejarah Bukit Tinggi, kini saatnya kita membahas tempat wisata yang ada di kota ini. Ada banyak tempat wisata yang menarik di Bukit Tinggi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Ngarai Sianok. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah yang terletak di tengah kota Bukit Tinggi. Lembah ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi dan hijau yang membuatnya terlihat sangat indah.

Selain Ngarai Sianok, di Bukit Tinggi juga terdapat Jam Gadang. Jam Gadang merupakan sebuah menara jam yang tingginya mencapai 26 meter dan berada di pusat kota Bukit Tinggi. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh Belanda dan masih berfungsi hingga saat ini.

Tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik adalah Istana Pagaruyung. Istana Pagaruyung merupakan sebuah istana megah yang dibangun pada abad ke-17 oleh Raja Aditiawarman. Istana Pagaruyung sendiri terletak di daerah Batusangkar, sekitar 2 jam perjalanan dari Bukit Tinggi. Di dalam istana ini terdapat berbagai benda-benda peninggalan sejarah yang sangat berharga.

Kuliner di Bukit Tinggi

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bukit Tinggi tanpa mencicipi kuliner khas dari daerah ini. Salah satu kuliner khas Bukit Tinggi yang terkenal adalah nasi kapau. Nasi kapau merupakan nasi yang disajikan dengan berbagai jenis lauk-pauk tradisional, seperti rendang, balado, dan gulai.

Selain nasi kapau, di Bukit Tinggi juga terdapat makanan ringan yang terkenal, yaitu indomie balado. Indomie balado sendiri merupakan mie instan yang disajikan dengan bumbu balado khas Bukit Tinggi. Rasanya yang pedas dan gurih membuat makanan ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Kesimpulan

Bukit Tinggi merupakan sebuah kota kecil yang menyimpan banyak keindahan dan sejarah. Ada banyak tempat wisata yang menarik dan kuliner yang lezat di kota ini. Jika Sobat Liputanilmu ingin mencari tempat wisata yang belum terlalu ramai, maka Bukit Tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat.

By Fujiati