Sun. Jul 14th, 2024

Memperkenalkan Sugar Glider

Hello Sobat liputanilmu! Apakah kamu suka memelihara hewan? Kalau iya, kamu sudah pasti familiar dengan anjing, kucing, kelinci, atau hamster. Namun, sudah pernahkah kamu mendengar tentang sugar glider? Sugar glider atau Petaurus breviceps adalah hewan marsupial yang berasal dari Australia dan Papua Nugini. Meski tak sepopuler hewan peliharaan lain, sugar glider menarik perhatian banyak orang karena keunikannya.

Sugar glider memiliki ciri khas yang sangat menarik. Mereka memiliki tubuh kecil dengan ekor panjang dan bulu-bulu halus yang lembut. Selain itu, sugar glider juga memiliki kulit yang tipis dan membran sayap di antara kakinya yang membuatnya mampu terbang. Mereka juga terkenal dengan kebiasaannya yang menggemaskan, seperti memasukkan kepala ke dalam kantung atau bersarang di saku kaus kaki pemilik.

Keunikan Sugar Glider

Sugar glider sebenarnya adalah hewan yang hidup dalam kelompok atau koloni. Meski begitu, sugar glider juga bisa dijadikan hewan peliharaan dan hidup bersama manusia. Namun, perlu diketahui bahwa sugar glider bukanlah hewan peliharaan yang mudah dipelihara bagi pemula. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin memelihara sugar glider sebagai hewan peliharaan.

Salah satu keunikan sugar glider yang perlu kamu ketahui adalah kebiasaannya yang nocturnal atau aktif di malam hari. Mereka juga sangat aktif dan suka bermain, sehingga membutuhkan kandang yang besar dan penuh dengan mainan. Selain itu, kamu juga perlu memberikan makanan yang tepat untuk sugar glider, seperti buah-buahan, sayuran, serangga, dan nektar bunga. Kandang sugar glider juga perlu ditempatkan di tempat yang hangat dan lembab agar mereka tetap sehat dan nyaman.

Beberapa kebiasaan unik sugar glider yang perlu kamu ketahui adalah kebiasaan mereka memanggil sesama sugar glider dengan suara ‘barking’ atau melompat dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kulit sayap mereka yang membentuk seperti parasut. Hal ini membuat sugar glider terlihat sangat menarik dan menggemaskan.

Manfaat Memelihara Sugar Glider

Memelihara sugar glider tidak hanya bisa memberikan keunikan tersendiri bagi pemiliknya. Sugar glider juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi manusia. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres. Sugar glider sangat manis dan suka bermain, sehingga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental manusia.

2. Meningkatkan kekuatan fisik. Memelihara sugar glider membutuhkan perawatan dan aktivitas yang cukup, sehingga dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik pemiliknya.

3. Menjadi teman yang baik. Sugar glider sangat menyukai kebersamaan dan interaksi dengan manusia, sehingga bisa menjadi teman yang baik bagi pemiliknya.

Kesimpulan

Sugar glider adalah hewan peliharaan yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Meski memelihara sugar glider membutuhkan perhatian dan keterampilan tertentu, manfaat yang diberikan cukup banyak bagi kesehatan mental dan fisik manusia. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba memelihara hewan peliharaan yang berbeda, sugar glider bisa menjadi pilihan yang menarik.

By Fujiati